Sharing Perjalanan CPNS Mahkamah Agung Republik Indonesia ( MA RI ) 2012   9 comments

Hello, kalo ada yang udah pengalaman ikut tes cpns, dimana pun itu pasti tahu banyak faktor yg ngelolosin kita buat masuk ke instansi yg kita lamar. Bukan hanya otak, tapi juga “luck”. Keberuntungan ‘n izin Allah kita bisa masuk ‘n kerja jadi CPNS yg akhirnya setelah pengajuan kita diangkat jadi PNS. Salah satu instansi yang buka formasi di tahun 2012 adalah Mahkamah Agung. Penempatan untuk pelamar di Mahkamah Agung bisa ditempatkan di Mahkamah Agung, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Pengadilan Tata Usaha Negara, dan Pengadilan Militer. Pada tahun 2012, kalo ga salah cuma buka untuk Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Agama (PA), dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Karena postingan ni dibuat udah hampir setaon dr waktu kejadian, agak blur ceritanya. Bulan Mei 2012 tamat dari Universitas Andalas (Unand) lalu Juni ato Juli ada pengumuman dari Mahkamah Agung (MA) pembukaan formasi cpns untuk posisi Calon Panitera Pengganti (CPP) dan Calon Juru Sita (CJS). Dimulailah semua pengurusan dari kartu kuning, surat kelakuan baik, dan lain sebagainya. Bulan agustus setelah pengumuman kelulusan administrasi, diadakan ujian komputer, diadakan dalam beberapa hari. Peserta dibagi per hari. Jadi ujian komputer hanya dilaksanakan beberapa menit aja. Diadakan di Pengadilan Tinggi ditempat yang kita pilih pada saat pendaftaran. Untuk pelamar PN dan PTUN dijadikan satu di Pengadilan Tinggi Negeri dan untuk PA dikhususkan di Pengadilan Tinggi Agama. Ujian komputer cuma tes pengetikan menggunakan MS. Word dan dibatasi waktu. Setelah itu diumumkan kembali peserta yang lolos untuk tes tertulis. Untuk tes tertulis ini dibedakan menjadi dua sesi. Sesi pertama tesnya wawasan kebangsaan, psikotes, ‘n tes kepribadian. Sesi kedua Tes Kemampuan Bidang. Di tes kemampuan bidang ini ujian mengenai apa yang kita pelajari di kampus mengenai peradilan, hukum, ‘n bla bla bla. Banyak banyak baca kuhap ‘n hukum acara lainnya, teknis peradilan, ‘n peradilan di keseharian. Hahaha, ini yang bikin lucu, ah, sudahlha. Setelah tes yang dirangkum dalam sehari ini, selesai juga rangkaian tesnya. Kedua sesi tes ini selesai setelah jam makan siang’n pastinya tanpa makan siang pada September 2012. Sebelum Idul Adha telah pengumuman kelulusan CPNS MA 2012 dan pengiriman pemberkasan terakhir. Berkas bisa dianter langsung ke Jalan Merdeka ato lewat pos. Untuk pengiriman berkas ini, JANGAN PAKE IJAZAH LEGALISIR SELAIN DEKAN! That’s my advice or it’ll be comeback to u again. SK ditanda tangan Sekretaris MA pada 30 November 2012. Kita udah bisa liat penempatan di web BKN. Ceknya pake NIP. Rumus NIP : tahun lahir, bulan lahir, tanggal lahir, tahun pengangkatan, bulan pengangkatan, lalu 1 utk laki laki, 2 untuk wanita, 00cek dari 1 ampe ketemu nama kita.
Contohnya nih kalo kita cewek lahir tanggal 28 Agustus 1990
Berarti NIP kita : 19900828 201212 2 003
Ntu kalo tahun pengangkatan CPNS bulan Desember 2012. Dapetnya angka terakhir yg 003 dari mana??? Cari ndiri dari 001 ampe dapetnya nama di 003. Gitu looh
Udah asik asik dapet penempatan ‘n NIP kerja kita adalah . . . nunggu SK. SK CPNS yg 2012 dikirim dalem 2 tahap, Maret 2013 ‘n pertengahan tahun 2013. Doa yang kenceng supaya SK turun di awal.
Bulan selanjutnya kita kerja. Jangan nunggu lama lama gara gara penempatan terampar jaoh. Kalo ga gaji ya ga masuk. Secepetnya kalo bisa.

Next posting : PRA JABATAN CPNS MA RI 2012 , yg diselenggarain Agustus 2013

Posted January 4, 2014 by Intan Sari Widya Ningrum in Hukum

Tagged with , ,

9 responses to “Sharing Perjalanan CPNS Mahkamah Agung Republik Indonesia ( MA RI ) 2012

Subscribe to comments with RSS.

  1. mbak intan, mohon izin share informasi pengalamannya. Saya Rusdi diterima lulus CPP Pengadilan Agama hasil CPNS MA th 2013, pengumuman sekitar bulan Desember 2013. Tapi sampe sekarang akhir Bulan Maret 2014 belum ada informasi sampek kapan kira-kira SK diturunkan?? Sy sudah coba komunikasi ke Ropeg MA, tp jawabannya masih di BKN. apa emang selama itu yaa prosesnya, mbak?? sedangkan liat cerita sampean rentang waktunya tidak lebih dari 3 bulan,.. ditunggu ya mbak reply nya..

    salam hormat
    Rusdi

  2. Gimana cara cek penempatan dan link yang mesti dibuka…??

  3. Haii saya bru lolos cpns ma juga nih,mau tanya kalo kirim pemberkasan via pos tetep nyampe kan yah?kalo ada kesalahan berkas gmn tuh?

  4. Halo, Salam kenal Mbak Intan. Nama saya Bambang. Saya lolos cpns MA tahun ini, berkas sudah dikirim langsung per tanggal 31 Desember 2014 dan batas akhir pengumpulan berkas 9 Januari 2014. Menurut pengalaman Mbak intan, setelah pemberkasan ini tahap selanjutnya apa aja ya? dan kira-kira berapa bulan jeda setelah pemberkasan sampe kite mulai kerja di instansi MA? saya tanya untuk jadi bahan pertimbangan resign kerja dari tempat yang sekarang mbak. Mohon di balas ya.
    Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: